Bawaslu Soal Pendukung NasDem DPR RI Ratu Wulla Mundur: Itu Kekuasaannya

Uncategorized109 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Bawaslu RI menanggapi surat pengunduran diri calon anggota parlemen (calon) DPR RI dari Partai NasDem nomor urut 5 di Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur II (NTT) bernama Ratu Ngadu Bonu Wulla atau Ratu Wula. Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan anggotanya akan bertambah dengan pengunduran diri ini.

Surat pengunduran diri Ratu Wulla diserahkan oleh saksi dari pihak tersebut NasDem kepada Anggota KPU RI August Mellaz yang memimpin Rapat Paripurna Pemulihan Penghitungan Suara Nasional Panel B Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta.

Rahmat mengatakan Bawaslu akan mendalami apakah ada aturan yang melarang pengunduran diri anggota DPR. Namun, dia menilai mundur merupakan hak prerogratif calon legislatif.

Ya, kami akan lihat kewenangan yang bersangkutan, boleh mengundurkan diri atau tidak, kata Bagja dalam keterangannya di Kantor Bawaslu RI, Rabu, 13 Maret 2024.

Ia juga mengatakan akan diatur penggantinya bagi anggota parlemen yang mengundurkan diri dari KPU. “Tapi penggantinya harus ada aturannya. Belum diputuskan kan?” dia berkata.

Sebelumnya, KPU RI telah menerima surat pengunduran diri Ratu Wulla. Surat pengunduran diri itu disampaikan saksi dari Partai NasDem kepada anggota KPU RI August Mellaz. Oke terima kasih saksi Partai NasDem. Tentu suratnya sudah kami terima. Kami akan pelajari sendiri, kata Mellaz di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa, 12 Maret 2024.

Saksi Partai NasDem mengatakan, surat pengunduran diri tersebut merupakan surat dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Saksi mengatakan, dia tidak berwenang membaca surat tersebut. “Saya sampaikan, ada surat Ketua Umum Partai NasDem dan KPU yang akan ditembuskan ke Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu) RI perihal pengunduran diri legislator nomor 5 di NTT II, kata saksi.

Baca Juga  Turis Telanjang di Big Daddy Dune, Pemerintah Namibia Marah

Saksi dari Partai NasDem hanya mengatakan alasan mundurnya Ratu Wulla karena keinginan korban.

Periklanan

“Alasan pengunduran diri itu sesuai keinginan yang bersangkutan dan di meterai. Oleh karena itu, karena suratnya KPU Indonesia, maka saya tidak berhak membacanya, dan ada lampirannya di dalamnya. Oleh karena itu, kami perlu menyampaikan dalam forum terbuka ini dan legislator “Partai NasDem nomor urut 5 di dapil NTT II telah mengumumkan pengunduran dirinya,” ujarnya.

Berdasarkan penghitungan ulang yang disetujui KPU RI, Ratu Wulla yang merupakan legislator DPR RI periode 2019-2024 memperoleh 76.331 suara.

Anggota Komisi IX DPR RI itu memperoleh suara terbanyak dibandingkan enam calon Partai NasDem lainnya di daerah pemilihan NTT II. Sedangkan di peringkat kedua ada calon legislatif nomor urut 1, mantan Gubernur NTT periode 2018-2023 Victor Bungtilu Laiskodat yang memperoleh 65.359 suara.

Total, mereka yang memilih Partai NasDem dan legislatifnya memperoleh 207.732 suara, termasuk 10.831 orang yang memilih partainya saja.

JOHN MAHARSO | JOHN SEO | Di tengah-tengah


Pilihan Editor:
Calon NasDem DPR RI hasil pemilu NTT II Ratu Wula mengundurkan diri



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *