Australia dan Indonesia akan terlibat dalam kemitraan baru di bidang pertahanan

Uncategorized197 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaMenteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan Wakil Perdana Menteri (PM) Australia serta Menteri Pertahanan Richard Marles sepakat untuk mengajukan perjanjian kerja sama baru dalam dua hingga tiga bulan ke depan.

Kunjungan Marles ke Jakarta untuk bertemu Subianto kali ini adalah yang kedua dalam waktu kurang dari setahun.

“Dalam waktu dekat, kami berencana menandatangani perjanjian kerja sama dengan Australia. Kami berharap dalam dua hingga tiga bulan ke depan bisa selesai dan ditandatangani,” kata Subianto kepada wartawan saat ditemui bersama timnya di Australia, Jumat. . .

Dalam pertemuan tersebut, Marles mengatakan pembahasan kerja sama pertahanan mendekati tahap akhir.

Perjanjian tersebut diharapkan akan ditandatangani dalam beberapa bulan ke depan, tambahnya.

Ia mengatakan perjanjian kerja sama tersebut akan menjadi jenis kerja sama pertahanan terpenting dalam sejarah hubungan Indonesia dan Australia.

Ini akan menjadi saat paling penting dalam hubungan kedua negara, katanya.

Pembahasan kerja sama penuh antara Indonesia dan Australia dimulai pada Februari 2023. Pembahasan tersebut antara lain pertemuan 2+2 menteri luar negeri dan menteri pertahanan Indonesia-Australia di Canberra pada bulan yang sama.

Pembahasan dilanjutkan dengan pertemuan Subianto dengan Marles di Kantor Kementerian Pertahanan pada Juni 2023. Usai pertemuan, Marles mengatakan perjanjian kerja sama Indonesia-Australia yang baru akan bersifat komprehensif dan ambisius.

Sejauh ini, kerja sama keamanan kedua negara terfokus pada pertukaran polisi dan kadet, pendidikan, pelatihan bersama, dan sumbangan peralatan keamanan, termasuk kendaraan Bushmaster.kasarUntuk Badan Penjaga Perdamaian TNI (PMPP) pada tanggal 3 April 2023.

Pada hari Jumat, Marles juga berterima kasih kepada Subianto karena telah mengamankan kepemimpinannya dalam pemilihan presiden 2024. Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masing-masing mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden.

Baca Juga  Fakta Menarik Nuuk Greenland, Salah Satu Kota dengan Masa Puasa Terlama

Australia mengawasi pemilu ini, katanya, seraya menambahkan bahwa ia senang bisa menyambut langsung Prabowo Subianto, dan menantikan pertemuan mereka berikutnya.

Di tengah-tengah

Pilihan Editor: Wisatawan disarankan membawa uang tunai sebesar US$417 untuk memasuki Thailand

klik disini mendapatkan update terkini dari Tempo dan Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *