APBN 2024 Dipatok Rp 3.325,1 Triliun, Untuk Apa?

Uncategorized210 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 sebesar Rp3.325,1 triliun.

APBN tersebut meliputi belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.467,5 miliar dan ditransfer ke daerah sebesar Rp857,6 triliun, kata Sri Mulyani pada acara serah terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Serah Terima Daerah (TKD) secara digital. ). ) Tahun Anggaran 2024, Rabu, 29 November 2023.

Menkeu mengatakan dana federal akan dibelanjakan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memakan porsi besar pada anggaran APBN 2024.

“Tujuan negara pada tahun 2024 adalah menyelesaikan infrastruktur terpenting, mempercepat transisi menuju ekonomi hijau, dan mendukung transformasi pemerintahan dan Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujarnya.

Selain itu, dana pemerintah akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan dukungan pemilihan kepala daerah (Pilkada). “Belanja pemerintah ditujukan untuk memperkuat stabilitas dan keamanan Indonesia,” kata Menkeu.

Periklanan

Saat ini transfer ke daerah tersebut untuk menunjang gaji pegawai pemerintah berdasarkan kontrak kerja (PPPK). “Khususnya bagi para guru dan tenaga kesehatan,” kata Sri Mulyani.

Menkeu mengatakan hal ini untuk meningkatkan pelayanan publik di berbagai bidang, yakni mendukung layanan sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan pemerataan pendidikan, serta memerangi kemiskinan ekstrem dan mengurangi pengangguran.

Sri Mulyani mengatakan, “Hubungan APBN pusat dan daerah akan terus ditingkatkan dengan mengintegrasikan anggaran pusat dan daerah mulai dari perencanaan strategis hingga perencanaan anggaran daerah, serta program pendukung belanja daerah akan terus dikaji dan ditingkatkan,” kata Sri Mulyani.

Pilihan Redaksi: Pakar Siber Ungkap Cara Hacker Diduga Bocorkan 204 Juta Data DPT Milik KPU

Baca Juga  ASEAN jadi lokasi transit untuk ekspor hasil perikanan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *