Alexander Marwata menolak jadi saksi untuk Firli Bahuri, Polda Metro: Sibuk Jadi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi.

Uncategorized166 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Mawarta menolak dijadikan saksi atau wakil mitigasi dalam kasus Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri yang diduga menganiaya Syahrul Yasin Limpo saat menjabat Menteri. Pertanian.

Informasi penolakan tersebut disampaikan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kompol Ade Safri Simanjuntak merujuk pada surat Kepala Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi RI tertanggal 19 Desember 2023. Surat tersebut dikirimkan. kepada inspektur yang bertanggung jawab.

“Dalam surat tersebut Alexander Mawarta menyatakan kesediaannya menjadi saksi dan tidak dapat memenuhi panggilan tersebut karena sibuk menjalankan tugasnya sebagai Wakil Direktur Komisi Pemberantasan Indonesia,” kata Ade dalam keterangan tertulisnya, Selasa. 19 Desember 2023.

Firli menghadirkan Alex ke penyidik ​​sebagai saksi mitigasi. “Dalam surat tanggapan yang kami terima kemarin sore dari Alex dari Kepala Biro Hukum KPK, katanya menolak,” ujarnya.

Dugaan tindak pidana yang dilakukan Firli Bahuri masih pada tingkat pertama atau P16, kasus tersebut sedang didalami jaksa penuntut umum di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Ade mengatakan ketebalan berkas perkara yang ia fokuskan adalah 0,85 sentimeter.

Periklanan

Penetapan Firli sebagai tersangka, Ade mengatakan, setidaknya ada 4 alat bukti yang digunakan penyidik ​​dalam kasus tersebut. Namun Ade belum membeberkan apa yang ditemukan penyidik ​​karena masih dalam tahap penyelidikan. “Nanti kami ceritakan lebih lanjut,” katanya.

Disebutkan pula, kalau Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo ada 5 unit. Katanya, “Sedikitnya ada 5 kali pertemuan dan diduga ada empat kali transfer uang.”

Ade belum bisa menyebutkan berapa jumlah uang yang diterima Firli dari kasus tersebut, yang alasannya masih dalam penyelidikan. “Setelah itu, kami tidak bisa mengungkapkan penyelidikannya,” katanya.

Baca Juga  China sebut tidak akan berpihak terkait Ukraina ke Rusia

Pilihan Redaksi: Kasus Firli Bahuri dipertanyakan, polisi minta segera ditangkap



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *