Akibat kebakaran tersebut, museum nasional ditutup hingga jangka waktu yang tidak ditentukan

Uncategorized51 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Kepala Badan Pelayanan Umum Museum dan Cagar Budaya Ahmad Mahendra mengatakan polisi masih melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP). Kebakaran Museum Nasional.

Saat ini museum belum bisa menerima kunjungan karena Pusat Laboratorium Forensik atau Puslabfor Polri masih menyelidiki penyebab kebakaran.

“Kita tidak bisa berspekulasi. Kalau tidak dilakukan, kita tidak berani membukanya,” kata Mahendra di depan Museum Nasional, Minggu, 17 September 2023.

Penutupan Museum Nasional sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mahendra mengatakan, koleksi penting yang ada masih perlu dilestarikan.

Ia mengatakan, setiap harinya akan selalu ada informasi terkini mengenai penanganan pasca kebakaran. Ini akan mencakup informasi tentang item yang terkena dampak.

Total kerugian akibat kebakaran ini belum dapat diperkirakan. “Belum bisa dipastikan, belum dilakukan, jadi belum tahu,” kata Ahmad Mahendra.

Kebakaran Museum Nasional terjadi sekitar pukul 20.00 WIB pada Sabtu, 16 September 2023 malam. Mahendra mengatakan, enam ruangan dari 21 ruangan di Gedung A terdampak kebakaran.

Periklanan

Ruangan yang terkena dampak diyakini merupakan replika dari lembaran aslinya. Namun kebenarannya belum dapat dikonfirmasi koleksi museum apakah yang terbakar itu salinan atau bukan.

Tentu kami menunggu karena menunggu keputusan dari Laboratorium dan Pusat Teknologi Informasi Polri, kata Mahendra.

Penilaian sementara penyebab kebakaran Museum Nasional adalah sengatan listrik kecil. Polisi masih melakukan olah TKP dan pemeriksaan saksi.

Pilihan Redaksi: Akhir pekan Tanah Abang sepi, PKL: Sajikan rutin sampai habis



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kemitraan lain dengan jurnalis, BRI mensponsori kursus Magister bagi jurnalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *