8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Lebaran

Uncategorized117 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri tahun ini sudah dekat. Tak lama kemudian, hal itu terjadi Lebaran 2024, menggunakan angkutan umum dan pribadi. Bagi yang memilih menggunakan mobil pribadi, ada baiknya mengetahui banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai mudik Lebaran 2024.

Setidaknya ada delapan hal yang harus diperiksa sebelum Anda berangkat. Untuk lebih jelasnya, berikut delapan bagian mobil Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik Lebaran 2024:

1. Pemeriksaan ban mobil

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya pengemudi memeriksa kondisi ban mobilnya. Pasalnya, ban merupakan komponen penting yang berinteraksi dengan permukaan jalan. Pastikan ukuran ban mobil tidak terlalu besar, tidak ada robekan atau kusut pada dinding ban, serta tekanan udara pada ban tetap baik.

2. Pengukur bahan bakar

Tak kalah penting, pengendara wajib mengecek kondisi bahan bakar kendaraan sebelum melakukan perjalanan Lebaran tahun ini. Termasuk memeriksa kondisi oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Perlu diketahui bahwa oli adalah cairan yang berfungsi sebagai pelumas antara bagian mesin yang bergerak dengan sistem lainnya.

3. Periksa suspensi

Sebelum mudik Lebaran 2023, penting untuk memeriksa beberapa hal pada mobil untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perjalanan. Suspensi, salah satu bagian utama pada sebuah mobil, memiliki tiga bagian yang harus diperiksa yaitu transmisi, kemudi, dan peredam kejut. Saat Anda membawa mobil dalam perjalanan jauh dalam kondisi lalu lintas padat, sistem suspensi akan bekerja keras.

4. Periksa filter mobil

Filter juga menjadi bagian yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil. Ada banyak jenis filter yang harus diperiksa, antara lain filter oli, filter udara, filter oli, dan filter AC. Perawatan filter secara rutin akan menjaga performa mobil menjadi lebih baik dan membuat perjalanan semakin nyaman bagi pengemudi.

Baca Juga  Minuman 8 buah ini akan nikmat saat cuaca panas

5. Aki mobil

Aki mobil merupakan sumber listrik yang penting untuk dipertimbangkan. Jika baterai diabaikan, dapat menyebabkan masalah kelistrikan yang serius, bahkan korsleting. Selain itu, baterai bertugas untuk menghidupkan berbagai fitur mobil seperti radio, AC, dan lampu.

6. Rem

Rem sangat penting untuk keselamatan berkendara. Pemeriksaan rem harus dimulai dari minyak rem, sedangkan pemeriksaan terhadap adanya serpihan atau kotoran yang dapat menghambat kinerja rem seperti endapan lumpur.

7. Lampu

Lampu merupakan bagian penting untuk menjaga visibilitas pengemudi, terutama saat berkendara di malam hari. Pengemudi perlu memeriksa kondisi lampu depan, lampu depan, lampu rem, dan lampu sein. Jika Anda menemukan lampu yang tidak berfungsi, segera ganti sebelum memulai perjalanan Idul Fitri 2023.

8. Air Radiator Mobil

Terakhir, penting untuk memeriksanya udara radiator yang berfungsi sebagai mesin pendingin untuk menstabilkan suhu. Pastikan volume air pada tangki radiator mencapai batas maksimal, dan periksa kebocoran pada saluran pembuangan radiator. Memastikan barang-barang tersebut dalam kondisi optimal sebelum memulai perjalanan pulang akan membantu mengurangi risiko gangguan teknis selama perjalanan.

ANGELINA TIARA PUPITALOVA | HENDRIK KHOIRUL MUHID | SYAHDI MUHARRAM | NIA SELAMAT

Pilihan Editor: Hati-hati, BMKG mengingatkan kondisi cuaca ekstrem sedang puncaknya menjelang Idul Fitri

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *