7 Minuman khas Jawa Timur yang wajib dicoba, enak sekali

Uncategorized153 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaAda banyak minuman khas Jawa Timur yang menarik untuk dicoba. Persembahan minuman lokal Jawa Timur Banyak yang populer, salah satunya Es Dawet Siwalan.

Saat ini mungkin sudah banyak dijual orang, namun Anda perlu mencobanya langsung di Jawa Timur. Selain keunikan rasanya yang berbeda dari yang lain, Anda juga akan merasakan sensasi berbeda jika meminumnya langsung dari sumbernya.

Jika Anda ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba berbagai jenis minuman beralkohol asal Jawa Timur dengan rasa yang berbeda-beda, mulai dari manis, dingin, panas, dan masih banyak lagi lainnya.

Yuk buat yang mau ke sana, ini minuman khas Jawa Timur yang bisa kamu coba!

Minuman khas Jawa Timur

1. Wedang Sudut

Minuman khas Jawa Timur yang pertama dan menarik untuk dicoba adalah Sudut Wedang. Dalam semangkuk minuman ini biasanya terdapat sagu mutiara dan kacang hijau, kemudian roti tawar dipotong-potong dan ditambahkan tape.

Tak hanya itu, ada nasi putih dengan lauk kacang. Lalu tuangkan air jahe panas dan cicipi bumbunya. Minuman ini sangat cocok untuk diminum di cuaca dingin.

2. Wedang Cemue

Selain Wedang Angle, ada Wedang Cemue dari Kabupaten Ngawi. Variasi Wedang Sudut, wedang ini menggunakan campuran santan dan kuah.

Untuk isiannya ada potongan roti tawar, kacang tanah, dan bawang merah. Kelihatannya enak dan inilah ciri khas rasanya, manis, manis, dan pedas dalam satu hidangan.

3. Es Dawet Siwalan

Air es Siwalan merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Kota Lamongan. Minuman ini merupakan campuran buah siwalan, potongan nangka, serta es batu. Lalu ada santan yang menambah rasa manis dan ada sirup berwarna merah. Kesegaran Es Dawet enak banget diminum siang hari.

Baca Juga  Karena Twinkling Watermelon Ryeoun belajar Bahasa Isyarat, bermain Gitar dan bernyanyi.

4. Bawakan Es Krim

Namanya unik, Es Buto Ijo, namun ini juga merupakan minuman khas Jawa yang mampu menyegarkan tenggorokan.

Periklanan

Es Buto Ijo terbuat dari kelapa muda, sagu mutiara, dan pohon enau. Kemudian tuangkan sirup melon manis dan susu di atasnya yang akan menambah cita rasa minuman ini.

5. Mengocok teh

Teh Shake merupakan minuman khas Surabaya dan menjadi ciri khasnya. Ini juga sangat enak dan segar.

Perbedaan antara teh seduh dan teh kocok adalah warnanya yang hitam dan ada tambahan rasa susu. Kemudian teh akan dikocok dan ditambahkan daun mint yang membuat kualitas teh menjadi panas.

6. Lipatan Es

Memiliki nama yang unik yaitu Es Pleret yang berasal dari Kabupaten Blitar. Selain namanya, Es Pleret juga memiliki bentuk dan ukuran yang unik yaitu bulat dan kecil. Lalu rasanya manis sekali yang terbuat dari gula jawa. Cocok untuk yang suka minuman manis.

7. Ambil esnya

Minuman khas Jawa Timur yang terakhir adalah Es Gudir. Minuman ini berasal dari desa Kediri. Bahan utama Es Gudir adalah agar-agar dan dari sinilah asal kata gudir yang artinya agar-agar. Kemudian tambahkan sirup manis dan tambahkan daun pandan untuk menambah rasa.

Itulah tips minuman khas Jawa Timur yang menarik untuk dicoba. Jadi, yang mana yang ingin kamu coba? Jangan dikira kamu belum mencobanya, ya! Saya harap artikel ini bermanfaat.

ANNITA RAHMAWATI DEWI

Pilihan Editor: Kalau hujan pengen minum minuman hangat, ini resep Wedang Jahe dan Bajigur.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *