7 buah ini mengandung vitamin B, mulai dari pisang hingga blueberry

Uncategorized138 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaVitamin B Ini adalah vitamin yang larut dalam air dan penting untuk metabolisme berbagai jaringan. Dari 13 vitamin yang dibutuhkan manusia, delapan di antaranya adalah vitamin B kompleks, antara lain tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), asam folat. (B9), dan sianokobalamin (B12).

Laporan dari WebMD, Vitamin B kompleks berperan penting dalam membantu enzim memecah makanan, serta untuk perkembangan sel.

Vitamin B dapat ditemukan di banyak sumber makanan, seperti gandum utuh, telur, kacang-kacangan, ikan, daging, unggas, dan buah-buahan. 7 buah yang mengandung vitamin B adalah sebagai berikut:

Daftar buah-buahan yang mengandung vitamin B

1. apel

Apel kaya akan serat, antioksidan, dan flavonoid. Tak hanya itu, buah berbentuk bulat juga mengandung B12 dan B2 atau yang disebut dengan riboflavin.

Satu buah apel standar menyediakan 4-5 persen riboflavin yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Riboflavin bekerja sebagai pekerja sosial yang mampu melawan radikal bebas.

2. Alpukat

Alpukat atau alpukat mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral.Buah yang sering diolah masyarakat Indonesia sebagai hidangan penutup ini mengandung 30 persen kebutuhan folat harian dan 23 persen vitamin B6. .

Mengonsumsi alpukat dapat bermanfaat untuk perlindungan mata, peningkatan mood, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan.

3. Blueberry

Blueberry dikenal sebagai sumber vitamin B12 yang baik untuk kesehatan, terutama kulit. Buah-buahan Dikenal juga dengan nama odang biru, dapat memperbaiki masalah pencernaan serta mencegah penyakit kanker dan diabetes.

Selain itu, blueberry terbukti bekerja dengan baik dalam menjaga kekuatan tulang, menurunkan tekanan darah, dan baik untuk kesehatan mental.

4. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B, khususnya B12. Sebagai buah yang populer karena kandungan vitamin C-nya, ternyata jeruk juga mengandung antioksidan, betakaroten, dan kalsium. Jeruk ini juga mengandung tiamin, riboflavin, dan niasin.

Baca Juga  Gelombang tinggi berpeluang menghampiri sejumlah daerah perairan

5. jeruk nipis

Periklanan

Lemon merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang sering digunakan sebagai tambahan salad, bumbu marinasi yang mampu menghilangkan bau amis, bahkan diolah menjadi minuman.

Buah lezat ini juga mengandung sedikit tiamin, riboflavin, vitamin B6, dan asam pantotenat.

6. Mangga

Buah mangga (Mangifera indica) adalah buah tropis. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau atau kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang berbeda.

Selain enak, mangga juga mengandung vitamin B6 yang penting untuk fungsi otak dan produksi sel darah merah.

7. Pisang

Pisang termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin B. Buah berbentuk oval dengan nama ilmiahnya Musa sp. Ini merupakan salah satu komoditas yang paling melimpah di Indonesia.

Tak hanya enak, pisang juga mengandung vitamin B yang mampu memperbaiki gejala kesehatan Carpal Tunnel Syndrome akibat masalah saraf.

MELYNDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: 6 Manfaat Asam Folat, Tak Hanya Baik untuk Ibu Hamil



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *