6 tips berpakaian bagus sebagai turis asing di Indonesia

Uncategorized99 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaSaat bepergian di Indonesia, ke luar negeri turis Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah cara Anda berpakaian.

Ada banyak cara berpakaian yang sebaiknya dihindari wisatawan asing di Indonesia, seperti mengenakan pakaian terbuka atau mengabaikan adat istiadat setempat.

Artikel kali ini akan membahas tips pakaian apa yang harus dikenakan wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia.

Cara berpakaian yang benar sebagai turis asing di Indonesia

1. Hindari pakaian terbuka

Indonesia merupakan negara yang kaya akan nilai-nilai agama dan budaya yang tidak berubah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan pakaian yang tidak rapi atau tidak pantas yang mungkin dianggap tidak pantas oleh masyarakat setempat.

Hindari tank top, one-piece, atau short dress, terutama saat mengunjungi tempat ibadah atau di pedesaan.

2. Mengetahui budaya lokal

Setiap daerah di Indonesia mempunyai adat dan tradisi yang berbeda-beda. Sebelum pergi ke suatu tempat, penting untuk memahami budaya setempat dan memilih pakaian yang tepat.

Misalnya, saat pergi ke desa atau acara keagamaan, sebaiknya berpakaian sopan dan menghormati budaya setempat.

Selain itu, mengetahui budaya lokal juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik dengan masyarakat lokal, meningkatkan pengalaman berwisata, dan menghargai keragaman budaya di seluruh dunia.

3. Menghormati tradisi agama

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun masih banyak pula penganut agama lain seperti Kristen, Hindu, Budha, dan lain-lain.

Saat mengunjungi tempat ibadah, seperti masjid, gereja, pura, atau tempat suci, pastikan untuk menghormati tradisi agama dengan mengenakan pakaian yang mendukung tradisi agama.

4. Berpakaianlah sesuai dengan tempat yang Anda kunjungi

Sebelum pergi ke suatu tempat, penting untuk memastikan bahwa pakaian yang dikenakan sudah sesuai dengan aturan tempat yang ingin dituju.

Baca Juga  Israel menemukan 'terowongan Hamas terbesar' di dekat perbatasan Gaza

Termasuk dalam memilih pakaian yang tidak terlalu terang atau terang, terutama saat mengunjungi tempat yang dianggap sebagai tempat suci atau tempat ibadah. Di sisi lain, Anda bisa mengenakan apa pun yang Anda suka saat pergi ke pantai.

5. Memperhatikan lingkungan hidup

Indonesia mempunyai iklim yang beragam, mulai dari tropis hingga subtropis yang dingin. Pastikan untuk memperhatikan cuaca dan iklim setempat saat memilih pakaian yang akan dikenakan. Selain itu, hindari mengenakan pakaian yang terang atau mengganggu, terutama di daerah pedesaan.

6. Berpakaianlah sesuai cuaca

Perlu diingat bahwa pakaian memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh. Wisatawan asing sebaiknya memastikan pakaian yang digunakan sesuai dengan waktu dan kondisi cuaca di tempat tujuan.

Misalnya saja saat Anda berangkat ke Gunung Bromo pada pagi hari, bawalah jaket hangat dan kenakan pakaian hangat.

GHEA CANTIKA NOORSYARIFA

Pilihan Editor: Daftar Keinginan Perjalanan Teratas: 10 Pengalaman Perjalanan Teratas yang Dicari di Google

klik disini untuk mendapatkan update terkini dari Tempo dan Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *