5 Seni Kuliner Tradisional Kota Sampit

Uncategorized147 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Desa Sampitterletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tidak hanya karena keindahan alamnya yang indah tetapi juga budaya makanannya yang kaya dan unik.

Di tengah hijaunya hutan Kalimantan Tengah, terdapat kuliner lezat kebanggaan negara. Yuk jelajahi kuliner Sampit yang lezat.

1. Juhu Singkah Uei

Juhu Singkah Uei atau populer dengan sayur tauge kental merupakan salah satu masakan khas Sampit yang sayang untuk dilewatkan. Kuliner yang diolah dari bahan utama umbut uei atau pucuk muda dari pohon rotan, dikutip dari itu. kunjungi.kalteng.go.id

Umumnya masakan khas ini diolah dengan cara digoreng, kemudian ditambahkan santan dan berbagai sayuran lainnya untuk menambah cita rasa. Tak hanya rasanya yang enak, kuliner khas ini dipercaya mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

2. Mata gajah

Dikatakan bahwa sweetpedia.id Mata Gajah sebenarnya merupakan bakwan khas Sampit dan sedikit berbeda dengan jenis bakwan lain di daerah lain. Bedanya pada bentuknya yang bulat seperti telur puyuh di atasnya. Sajian lezat khas ini terbuat dari olahan tepung terigu, daun bawang, irisan wortel dan telur puyuh.

Setelah semua bahan tercampur rata, adonan dibentuk dengan bubuk bulat dan tunggu hingga matang.

3. Dami Dami

Periklanan

Masakan khas Sampit terbuat dari kulit tiwadak atau cempedak yang sejenis dengan nangka. Sebagaimana dilaporkan sweetpedia.id sSebelum disajikan di meja makan, kupas terlebih dahulu kulit tiwadak dan ambil bagian putihnya saja. Setelah itu, kulit tiwadak direndam dalam air garam selama setengah jam sebelum digoreng hingga matang.

4. Bongko Bongko

Bongko atau populer dengan sebutan Babongko termasuk dalam daftar jenis makanan Sampit yang tidak boleh diabaikan. Hidangan ini terbuat dari tepung beras, gula merah, santan, dan pandan yang terkenal dengan rasanya. Semua bahan ini dicampur hingga membentuk adonan.

Baca Juga  Hari pertama KTT AIS Menetapkan 7 perjanjian kerja sama

Adonan yang sudah jadi akan dibentuk dan dibungkus dengan daun pisang. Setelah dimasak hingga matang, terlihat teksturnya yang kenyal berhasil menambah daya tariknya. Apalagi aroma khas tepung beras yang dipadukan dengan daun pisang membuat semua orang ingin segera menikmatinya.

5. Bingkai Bingkai

Masakan tradisional Sampit ini terkenal hingga ke luar daerah dan laris manis di pasaran. Awalnya kue tradisional ini hanya disajikan pada bulan Ramadhan yang disebutkan di dalamnya Di tengah-tengah.

Jajanan ini memiliki tekstur yang sangat lembut karena proses produksinya tidak menggunakan banyak tepung. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang berbeda-beda sehingga tidak heran jika menjadi favorit masyarakat. Desa Sampit.

Pilihan Editor: Ketimpangan menjadi penyebab kerusuhan Sampit tahun 2001



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *