5 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan, Berapa Cangkir yang Dianjurkan Setiap Hari?

Uncategorized181 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Selain mampu melawan kantuk dan menambah tenaga ternyata kopi memiliki manfaat kesehatan lainnya. Apa manfaat kesehatan dari minum kopi?

Kopi punya kafein yang merupakan salah satu anggur paling populer. Melansir Health News Today, kopi mengandung banyak nutrisi bermanfaat, antara lain riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik atau antioksidan. Beberapa ahli berpendapat bahwa zat ini dan zat lain dalam kopi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia dalam berbagai cara.

Merangkum berbagai bidang, berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, termasuk:

1. Melindungi dari diabetes tipe 2

Sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan peneliti Harvard yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologica mengamati hampir 124.000 orang berusia 16 hingga 20 tahun. Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih dari satu cangkir kopi per hari selama empat tahun memiliki risiko rendah sebesar 11 persen. diabetes tipe 2dan mereka yang mengurangi konsumsinya menjadi satu cangkir per hari memiliki risiko 17 persen lebih tinggi terkena penyakit ini.

Alasannya karena kandungan antioksidan dalam kopi yang mengurangi peradangan (peradangan berkontribusi terhadap risiko diabetes tipe 2). Namun, jika Anda menderita diabetes tipe 2, sebaiknya hindari produk yang mengandung kafein, termasuk kopi. Kafein telah terbukti meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada penderita penyakit ini.

2. Memperlambat perkembangan Demensia

Dalam studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, para peneliti di Florida menguji kadar kafein dalam darah orang lanjut usia dengan demensia ringan, yang mungkin merupakan faktor risiko demensia yang lebih parah, termasuk penyakit Alzheimer.

Ketika para peneliti memeriksa kembali subjek dua atau empat tahun kemudian, mereka yang kadar kafein dalam darahnya setara dengan tiga cangkir kopi secara signifikan lebih mungkin mengalami depresi berat dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kafein atau tidak.

Baca Juga  Australia dan Indonesia akan terlibat dalam kemitraan baru di bidang pertahanan

Periklanan

3. Mencegah Kanker

Kopi mungkin berperan dalam mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Mengutip WebMD, penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi secara teratur memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker prostat. Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu mencegah segala hal mulai dari kanker kulit non-melanoma hingga kanker endometrium.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi 1-2 cangkir kopi per hari diketahui bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Mengutip Harvard School of Public Health, mereka yang mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih per hari dapat menurunkan risikonya. stroke dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

5. Meningkatkan energi

Menurut Healthline, kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal mampu melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin, yang meningkatkan kadar neurotransmiter lain di otak yang mengontrol energi Anda, termasuk dopamin.

Pilihan Editor: Bolehkah Anak Minum Kopi?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *