5 Manfaat Buah Delima untuk Anak, Mengobati Cacingan dan Masalah Gigi

Uncategorized182 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Delima atau delima merupakan jenis buah berbentuk bulat dengan buah berwarna merah. Buah delima memiliki daging buah berwarna putih di dalamnya berisi biji yang berair yang disebut arils. delima rendah kalori dan lemak serta tinggi serat, vitamin dan mineral. Manfaat kesehatannya antara lain antioksidan, kesehatan jantung, kesehatan saluran kemih, daya tahan tubuh, dan banyak lagi.

Laporan dari saluran kesehatan, antioksidan merupakan senyawa yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas tingkat tinggi bisa berbahaya dan berkontribusi terhadap banyak penyakit kronis.

Selain itu, biji delima juga mengandung antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Mendapatkan antioksidan dari buah-buahan seperti buah delima adalah cara yang bagus untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit.

Buah delima dikenal memiliki rasa yang manis dan ringan. Buah berwarna merah cerah ini berukuran setengah buah dan seukuran buah apel. Buah ini banyak ditemukan di Spanyol dan Timur Tengah, namun kini Anda bisa menemukannya di seluruh dunia.

Buah delima memiliki banyak khasiat obat, sehingga banyak peradaban kuno seperti Roma, Persia, India dan Mesir yang menggunakannya sebagai obat penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi biji buah delima bermanfaat untuk tumbuh kembang anak segala usia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat biji buah delima untuk anak:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Anak-anak seringkali mengalami masalah pencernaan, seperti diare dan disentri. Jus buah delima untuk anak berkhasiat mengobati disentri, mual dan diare yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Menurut laporan dari Mom Junction, kulit, daun, dan pomace biji delima dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi masalah lambung.

Baca Juga  4.8 Daerah Gempa Batu Banten, BMKG: Tidak ada laporan kerusakan

2. Buang cacingnya

Laporan dari Persimpangan ibuDok, anak sering sakit karena cacingan. Cacingan pada anak bisa menimbulkan rasa cemas, sakit perut, mual, muntah, atau bahkan gatal-gatal di area sensitif. Cacing usus merupakan parasit yang berkembang biak dengan cara mencari makan di usus kecil atau besar. Minum jus buah delima efektif membunuh cacingan dan menyembuhkan infeksi.

3. Menurunkan demam

Anak-anak juga mengalami demam. Minum jus buah delima tidak hanya menurunkan demam tetapi juga memberikan nutrisi penting bagi bayi Anda saat ia demam. Antioksidan dalam buah ini mampu melawan flu biasa dan mengobati flu atau demam yang ditimbulkannya.

4. Suasana hati yang baik

Makan buah delima meningkatkan fungsi hati pada anak-anak. Stres oksidatif dapat meningkat pada masa kanak-kanak. Delima mengandung antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif dan melindungi hati. Konsumsi jus buah delima secara teratur dapat membantu mengurangi pembentukan anion superoksida dalam darah hingga 50%. Anion superoksida adalah spesies oksigen reaktif yang menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh.

5. Mengatasi permasalahan gigi

Masalah gigi pada anak semakin meningkat. Mengonsumsi buah delima bermanfaat untuk mengatasi masalah gigi. Biji delima mengatasi masalah gigi pada anak dan melindungi gigi dari berbagai penyakit mulut, seperti radang gusi. Buah ini memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang membantu mengurangi efek negatif plak gigi dan mencegah risiko penyakit mulut.

Meskipun biji delima kaya akan serat dan antioksidan, memiliki manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, kesehatan jantung yang baik, dan daya tahan tubuh, biji delima juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menambahkan buah delima ke dalam makanan Anda anak-anak Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain atau memiliki kondisi medis lain.

Baca Juga  Institut Teknologi PLN memperpanjang masa penerimaan calon mahasiswa hingga 29 April

Pilihan Editor: 6 Buah Disebutkan dalam Al-Qur’an, Berikut Daftar Khasiatnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *