4 kali gempa terjadi di Garut dari berbagai sumber, ini data BMKG

Uncategorized53 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Garut dan sejumlah daerah di Jawa Barat kembali berguncang gempa bumi pada Rabu malam tanggal 1 Mei 2024. Sesuai data BMKGGempa berkekuatan 4,0 terjadi pada pukul 20.35 WIB.

Berbeda dengan pagi sebelumnya, gempa kali ini berpusat di lautan. Tempat terparah berada 93 kilometer barat daya Kabupaten Bandung dengan kedalaman 24 kilometer.

Sejumlah daerah yang terguncang parah adalah Cidora, Pamengpeuk, Cisewu, Bungbulang, Talegong, semuanya di Garut. Daerah lainnya adalah Singaparna dan Tasikmalaya.

BMKG mengungkapkan, besaran dampak gempa di wilayah tersebut diukur pada level III MMI. Hal ini serupa dengan getaran nyata yang dirasakan di dalam rumah seolah-olah ada truk yang lewat.

Sebelumnya, gempa terjadi pada pukul 10.06 WIB. Gempa berkekuatan M4,2 berpusat di darat, 20 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 4 kilometer.

Tembok sebuah rumah ambruk akibat gempa di Kota Sukamulya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu 28 April 2024. BPBD Ciamis menulis, 22 rumah di 12 wilayah di Kabupaten Ciamis rusak akibat gempa berkekuatan 6,5 magnitudo magrib. Garut. Foto tengah/Adeng Bustomi

Periklanan

BMKG mengaitkannya dengan aktivitas Sesar Garut Selatan. Saat itu dampak guncangan terjadi di wilayah Majalaya, Ciwidey, Banjaran, Cibereum, Pangalengan, dan Garut dengan kekuatan MMI III.

Gempa berkekuatan M3,7 juga melanda Garut pada Senin pagi. Pusatnya terletak di laut, 84 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

Begitu pula saat terjadi gempa berkekuatan M6,5 di arah selatan laut, 156 kilometer barat daya Garut, pada Sabtu menjelang tengah malam, 27 April 2024. Kekuatan gempa saat itu bahkan mencapai angka atau kekuatan MMI IV yang diasumsikan sebesar banyak orang. di dalam rumah saat terjadi gempa.

Baca Juga  Polisi ungkap ke publik kasus pemerkosaan terhadap WNA Brazil di Bali

Pilihan Editor: Pakar humas Uniair mengatakan mengapa Indonesia memberikan penawaran maksimal kepada para pemain judi online



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *