3 Teratas: 41 pengungsi Rohingya lolos dari tahanan imigrasi Malaysia

Uncategorized144 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta3 teratas di dunia pada tanggal 5 Februari 2024, yang pertama adalah pemberitaan tentang 41 pengungsi etnis Rohingya yang kabur dari tahanan imigrasi Malaysia. Polisi Malaysia telah menangkap 41 tahanan yang melarikan diri dalam kondisi kelelahan dan kelaparan.

Kedua, laporan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mengharapkan bantuan militer senilai US$ 14,1 miliar untuk Israel segera lolos ke Kongres Amerika Serikat. Bantuan tersebut merupakan bagian dari rancangan undang-undang pendanaan darurat yang disahkan Senat Amerika Serikat pada Minggu, 4 Februari 2024, setelah melalui perundingan selama berbulan-bulan.

Berikut 3 teratas dunia:

1. Malaysia menangkap 41 pengungsi Rohingya yang kabur dari tahanan imigrasi

Sebanyak 115 migran Rohingya dan 16 warga negara Myanmar, semuanya laki-laki, melarikan diri setelah kerusuhan meletus di fasilitas penahanan di pusat imigrasi sementara Bidor di negara bagian Perak di utara.

Pengungsi Rohingya mengalami penganiayaan di tanah air mereka di Myanmar yang beragama Budha. Banyak yang melarikan diri ke Malaysia yang kaya dan mayoritas penduduknya Muslim atau ke kamp pengungsi di Bangladesh.

Mereka biasanya melakukan perjalanan dengan perahu yang memakan waktu beberapa bulan untuk mencapai Malaysia dengan perahu atau memasuki negara tersebut dari perbatasan Thailand. Jika tertangkap, mereka sering kali dikirim ke pusat penahanan yang menurut kelompok hak asasi manusia sering kali kotor.

Kapolres Perak Mohamad Yusri Hassan Basri mengatakan, 41 orang Rohingya ditangkap kembali di pohon kelapa sawit dan di hutan sekitar kota Tapah dan Bidor setelah mendapat informasi dari masyarakat. Namun mereka yakin masih banyak narapidana yang bersembunyi di hutan.

Baca lebih lanjut di sini

2. Biden mendesak Kongres AS untuk meloloskan dana untuk tentara Israel sebesar US$14,1 miliar

Baca Juga  Kontingen jambore Indonesia mulai kembali ke tanah air

Periklanan

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak Kongres Amerika Serikat secara langsung melebihi US$14,1 miliar bantuan militer kepada Israel. Bantuan tersebut merupakan bagian dari rancangan undang-undang bantuan keamanan darurat yang disahkan oleh Senat AS pada hari Minggu, setelah negosiasi berbulan-bulan.

Pendanaan untuk Israel termasuk dalam Undang-Undang Suplemen Keamanan Nasional Darurat, yang mencakup total US$118,3 miliar, termasuk untuk pengelolaan perbatasan Ukraina dan Amerika Serikat. Namun, RUU tersebut menghadapi masa depan yang tidak pasti meskipun ada tentangan dari calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dan anggota Partai Republik garis keras.

Baca lebih lanjut di sini

3. Presiden Nayib Bukele mengatakan dia akan memenangkan pemilu El Salvador

Presiden El Salvador saat ini, Nayib Bukele, mendeklarasikan dirinya sebagai pemenang pemilu presiden 2024 pada Minggu, 4 Februari 2024. Ia menyebut berhasil meraup lebih dari 85 persen suara, meski para pimpinan KPU El Salvador tidak. mengumumkan hasil pemilu secara terbuka.

Kemenangan presiden yang menyebut dirinya sebagai “diktator terbaik di dunia” untuk kedua kalinya berturut-turut ini merupakan tudingan Bukele yang melanggar hak asasi manusia dan melanggar konstitusi El Salvador untuk kembali berkuasa.

Selain meraih kemenangan dalam pemilu presiden, Bukele juga menyebut kelompoknya, New Ideas, telah meraih sedikitnya 58 suara di DPR. El Salvador yang memiliki enam puluh kursi. Dia mengutip informasi yang sumbernya tidak diungkapkan.

Baca lebih lanjut di sini

Ikuti berita terkini dari Tempo.co Google Berita, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *